Aktifitas atau Aktivitas?

Kali ini kita akan membahas atau belajar bahasa Indonesia mengenai kata aktifitas dan aktivitas. Kata aktivitas dan aktifitas tidak akan tampak perbedaannya bila dilafalkan atau diucapkan. Tetapi akan dapat terlihat perbedaannya bia kedua kata tersebut dalam bentuk tulisan. Kata aktivitas ditulis dengan huruf “v”, sedangkan aktifitas ditulis dengan huruf “f”. Lalu manakah kedua kata tersebut yang benar?

Dalam bahasa Indonesia dikenal dengan adanya kata serapan (absorption) dari bahasa asing. Tentunya ada aturannya dalam menyerap kata-kata dari bahasa asing. Dalam bahasa Indonesia kata asing diserap dalam bentuk kata dasar ataupun kata berimbuhan. Imbuhan dari kata asing, seperti akhiran –ization dan –ity, tidak diserap secara lepas atau sama dari kata dasarnya. Imbuhan asing diserap bersama kata dasarnya.

Contoh:

Kata active diserap menjadi aktif, sedangkan kata berimbuhan activity diserap menjadi aktivitas. Sesuai dengan aturan atau kaidah, kata yang berakhiran –ity diserap menjadi –itas, seperti university menjadi universitas dan reality menjadi realitas.

Lalu mengapa timbul kata atau bentuk aktifitas? Bentuk ini timbul karena sebagian orang beranggapan bahwa kata aktifitas berasal dari kata dasar aktif diberi akhiran –itas. Padahal, akhiran –itas tidak diserap ke dalam bahasa Indonesia. Jadi, bentuk yang benar adalah aktivitas. Tipe yang sama dapat kita jumpai pada kata efektif dan efektivitas. (sumber: pusat bahasa)

Tags: aktifitas, aktivitas, bahasa indonesia

Posted in Articles & Tips

9 Responses to “Aktifitas atau Aktivitas?”


suaidi September 23rd, 2011 at 16:34

saya setuju, sekarang bagaimana bentuk penulisan yang benar untuk gempabumi atau gempa bumi dari kata earthquake mana yang benar?

admin September 23rd, 2011 at 17:04

Terima kasih untuk komentarnya. Untuk penulisan yang benar gempa bumi atau gempabumi, yang benar adalah gempa bumi (di pisah). Coba cek di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

suaidi October 15th, 2011 at 10:59

terima kasih atas jawabannya
bagaimana penulisan yang benar untuk kata metoda atau metode. mana yang benar?

admin October 19th, 2011 at 08:53

Terima kasih untuk pertanyaannya. Penulisan yang benar untuk kata metoda atau metode adalah metode. silakan cek di sini: http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php

Frans December 18th, 2012 at 09:01

“..yang benar adalah gempa bumi (di pisah)..”

Setahu saya, awalan “di” jika digunakan sebagai awalah yang tidak menunjukkan tempat, penulisannya dirangkai. Mohon koreksi. Terima kasih.

adminweb December 18th, 2012 at 09:55

Mas Fransiskus Erwin, terima kasih untuk komentar dan koreksinya. Ya benar, penulisan “dipisah” yang benar disambung walaupun dipisah. Sekali lagi terima kasih untuk koreksinya

Suaidi December 27th, 2012 at 14:30

Dear ADMIN

Tolong kembali dibahas yang detail mengenai penulisan kata gemapa bumi yang dipisah atau di gabung, seperti anda membahas Aktifitas atau Aktivitas?

soalnya ini menjadi penting karena kata gempa bumi banyak digunakan dalam penulisan Skripsi, Thesis, Disertasi dari Mahasiswa Sains Kebumian dan Lembaga Resmi BMKG untuk info Gempa. Apakah kata tersebut merupakan kata majemuk atau kata majemuk yang menjadi Istilah. atas perhatinya saya ucapkan terima kasih

angelique April 28th, 2014 at 13:57

ohh gituu,,, iya masih banyak banget yg nulisnya “aktifitas” malahan di televisi juga gitu nulisnya,,,
pantesan tiap nulis di komputer kalo nulisnya “aktifitas” ada tanda merahnya, tapi kalo “aktivitas” ngga ada, berarti yg bener memang “aktivitas”. nice artikel :)

huruf timbul murah June 16th, 2014 at 13:31

Great post. I used to be checking continuously this weblog and I’m impressed! Extremely useful information specially the last section :) I deal with such information a lot. I was looking for this certain information for a long time. Thanks and good luck.



Leave a Reply