Jl. Affandi, Gang Bromo #15A, Mrican, Yogyakarta 55281, Indonesia

+62 274 520341 info@wisma-bahasa.com

10 Istilah Bahasa Gaul yang Sering Diucapkan

Bahasa gaul atau bahasa informal telah menjadi bagian dari bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari. Bahasa gaul biasanya dipakai dalam situasi dengan teman dan dalam suasana tidak resmi.

Berikut beberapa ulasan mengenai bahasa gaul dan artinya.

Gabut

Gabut adalah singkatan dari ‘gaji buta’. Istilah ini sebenarnya sudah ada sejak dulu. Istilah gaji buta digunakan untuk menggambarkan seseorang tidak melaksanakan tugas atau pekerjaannya, tapi tetap menerima gaji.

Saat ini, istilah gabut tidak hanya dipakai dalam situasi pekerjaan, namun juga digunakan untuk menyebut seseorang yang tidak melakukan aktivitas apa pun atau bingung ingin melakukan apa. Sebagai contoh, “Aku gabut banget nih, hari ini. Dari tadi pagi cuma tidur-tiduran.”

Mager

Mager adalah istilah dalam bahasa gaul yang merupakan singkatan dari ‘males gerak.’ Istilah ini menggambarkan seseorang yang malas bergerak atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas apa pun. Sebagai contoh, ketika kamu diajak pergi oleh teman tapi kamu sedang ingin di rumah saja, kamu bisa bilang, “Aku nggak ikut ya, lagi mager.”

Baper

Istilah yang satu ini juga merupakan singkatan. Baper adalah singkatan dari ‘bawa perasaan’. Kata baper sering digunakan dalam situasi ketika seseorang menganggap serius atau ‘mengambil hati’ setiap perkataan orang, sehingga merasa sakit hati, emosional, atau tersinggung. Sebagai contoh, “Kamu nggak perlu baper kalau melihat foto mantan pacar di media sosial.”

Julid

Kata julid didefinisikan dalam KBBI berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid biasanya berupa komentar negatif yang merendahkan seseorang. Misalnya, “Dia julid banget sama aku, dia paling nggak suka lihat aku berhasil.”

Pansos

Istilah bahasa gaul selanjutnya adalah pansos. Pansos juga merupakan singkatan, yaitu dari ‘panjat sosial’. Kata ini diartikan sebagai usaha seseorang untuk mendapatkan perhatian dari orang lain dan memiliki status sosial yang lebih tinggi. Cara yang digunakan untuk pansos biasanya kurang baik, seperti membuat sensasi, keributan, konflik, atau mengunggah foto atau video yang kurang pantas.

Kepo

Kepo merupakan singkatan dari ‘knowing every particular object’. Dalam KBBI, kepo didefinisikan sebagai rasa ingin tahu yang berlebihan tentang kepentingan atau urusan orang lain. Istilah ini biasanya dilekatkan pada orang yang terlalu penasaran atau ingin tahu urusan orang lain.

Halu

Kata ini adalah kependekan dari halusinasi. Kata halu digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki khayalan tinggi atau menginginkan sesuatu yang mustahil untuk didapatkan.

Bucin

Bucin adalah singkatan dari ‘budak cinta’. Kata gaul ini digunakan untuk menggambarkan pria atau wanita yang sangat tergila-gila dengan cinta dan mau melakukan apa pun demi orang yang dia cintai.

Mantul

Mantul adalah salah satu kata gaul yang sering diucapkan. Kata ini adalah singkatan dari kata ‘mantap betul’. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi atau pujian pada seseorang atau sesuatu. Contohnya, “Gado-gado di warung itu mantul banget!”

Unfaedah

Kata unfaedah berasal dari dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Faedah dalam KBBI diartikan sebagai manfaat, maslahat, atau guna. Sementara itu, beberapa kata di bahasa Inggris mendapat imbuhan un- untuk mengubah artinya menjadi tidak, seperti unfollow, undo, dan sebagainya. Dengan begitu, kata unfaedah diartikan sebagai ‘tidak berguna’ atau ‘tidak bermanfaat’.

Di Wisma Bahasa, selain mengajarkan bahasa Indonesia formal, bahasa gaul juga dikenalkan dan diajarkan. Apakah Anda sudah mempelajari bahasa gaul di Wisma Bahasa? Nah, bahasa gaul yang mana yang sering kamu pakai?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: