Site icon WISMA BAHASA

Aktifitas atau Aktivitas?

Kali ini kita akan membahas atau belajar bahasa Indonesia mengenai kata aktifitas dan aktivitas. Kata aktivitas dan aktifitas tidak akan tampak perbedaannya bila dilafalkan atau diucapkan. Tetapi akan dapat terlihat perbedaannya bia kedua kata tersebut dalam bentuk tulisan. Kata aktivitas ditulis dengan huruf “v”, sedangkan aktifitas ditulis dengan huruf “f”. Lalu manakah kedua kata tersebut yang benar?

Dalam bahasa Indonesia dikenal dengan adanya kata serapan (absorption) dari bahasa asing. Tentunya ada aturannya dalam menyerap kata-kata dari bahasa asing. Dalam bahasa Indonesia kata asing diserap dalam bentuk kata dasar ataupun kata berimbuhan. Imbuhan dari kata asing, seperti akhiran –ization dan –ity, tidak diserap secara lepas atau sama dari kata dasarnya. Imbuhan asing diserap bersama kata dasarnya.

Contoh:

Kata active diserap menjadi aktif, sedangkan kata berimbuhan activity diserap menjadi aktivitas. Sesuai dengan aturan atau kaidah, kata yang berakhiran –ity diserap menjadi –itas, seperti university menjadi universitas dan reality menjadi realitas.

Lalu mengapa timbul kata atau bentuk aktifitas? Bentuk ini timbul karena sebagian orang beranggapan bahwa kata aktifitas berasal dari kata dasar aktif diberi akhiran –itas. Padahal, akhiran –itas tidak diserap ke dalam bahasa Indonesia. Jadi, bentuk yang benar adalah aktivitas. Tipe yang sama dapat kita jumpai pada kata efektif dan efektivitas. (sumber: pusat bahasa)

Exit mobile version