Jl. Affandi, Gang Bromo #15A, Mrican, Yogyakarta 55281, Indonesia

+62 274 520341 info@wisma-bahasa.com

Mengenal Ucapan ‘Selamat Ulang Tahun’ dari Berbagai Daerah di Indonesia

Saat teman, sahabat, atau saudara kita berulang tahun, sudah sepantasnyalah kita ikut berbahagia dengan mereka. Setidaknya, kita bisa memberi ucapan selamat sebagai bentuk perhatian kita pada mereka.

Mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, sudah menjadi hal yang biasa dilakukan. Karena itu, kenapa tidak mencoba menggunakan bahasa daerah?

Indonesia yang kaya dengan berbagai suku dan bahasa daerahnya, menyimpan banyak hal menarik untuk diulas. Bahkan, Indonesia memiliki 718 bahasa daerah. Banyak sekali, ya? Katanya, saat berkomunikasi dengan orang lain pakai bahasa aslinya, kita dapat mempererat persaudaraan dan rasa kekeluargaan, lho.

Berkaitan dengan ulang tahun Wisma Bahasa bulan ini, bagaimana ya cara mengucapkan “Selamat Ulang Tahun” dalam bahasa-bahasa daerah ini? Berikut ulasan selengkapnya.

  • Bahasa Indonesia: “Selamat ulang tahun”
  • Bahasa Minangkabau: “Salamaik ulang taun

Untuk Anda yang belum tahu, bahasa Minangkabau dituturkan oleh orang Minangkabau yang tinggal di Sumatera Barat. Bahasa ini menjadi salah satu bahasa dari rumpun bahasa Melayik.

  • Bahasa Sunda: “Wilujeng tepang taun

Bahasa Sunda dituturkan oleh orang Sunda yang berasal dari daerah Jawa Barat maupun yang sudah merantau ke kota lain. Konon, bahasa ini dituturkan oleh lebih dari 40 juta orang, lho.

  • Bahasa Jawa: “Sugeng ambal warsa

Bahasa Jawa utamanya dipakai di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Namun, di Jawa Timur terdapat dialek-dialek khusus yang digunakan hanya di wilayah itu saja. Bahasa Jawa juga memiliki tingkat tutur tergantung siapa lawan bicaranya. Tingkatan ini disebut dengan Ngoko (bahasa yang kasar untuk sehari-hari), Krama Madya (bahasa yang cukup sopan), dan Krama Alus (bahasa yang sangat sopan). Diperkirakan, lebih dari 75 juta orang di Indonesia menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-harinya.

  • Bahasa Banjar: “Salamat baulang tahun

Orang yang tinggal di daerah Kalimantan Selatan berbicara dengan bahasa ini sebagai bahasa ibu. Di wilayah ini, bahasa Banjar lebih sering digunakan daripada bahasa Indonesia.

  • Bahasa Bali: “Rahajeng wanti warsa

Bahasa Bali digunakan di wilayah Bali, sebagian pulau Lombok, yaitu di Lombok Barat, dan ujung timur dari pulau Jawa. Seperti bahasa Jawa, bahasa Bali juga memiliki tingkatan dalam penggunaannya, yaitu Bali Alus, Bali Madya, dan Bali Kasar.

  • Bahasa Gorontalo: “Paladu dulahu pilotutuwa

Orang yang tinggal di wilayah pulau Sulawesi bagian utara menggunakan bahasa ini dalam percakapan sehari-hari. Tidak begitu banyak orang yang menggunakan bahasa ini. Jumlahnya diperkirakan tidak sampai 1 juta orang.

  • Bahasa Bugis: “Salama’ mattemu taung

Masih dari pulau Sulawesi, bahasa Bugis digunakan oleh orang-orang yang tinggal di Sulawesi Selatan. Uniknya, bahasa ini memiliki kosakata khusus yang dipisahkan penggunaannya berdasarkan status sosialnya. Ada kata-kata yang hanya boleh digunakan untuk para Raja beserta keluarganya dan tidak boleh digunakan untuk orang biasa.

Wah, menarik sekali, ya! Lantas, bagaimana cara pengucapan “Selamat Ulang Tahun” dengan bahasa asli Anda?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: