Jl. Affandi, Gang Bromo #15A, Mrican, Yogyakarta 55281, Indonesia

+62 274 520341 info@wisma-bahasa.com

Rayakan Hari Jadi, Pramuka Ikut Peduli Penanggulangan COVID-19

Hari jadi Pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus, akan dirayakan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Mengusung tema “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana COVID-19 dan Bela Negara”, pada tahun ini, Pramuka berkomitmen untuk terlibat aktif dalam menangani pandemi COVID-19.

Menurut ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Budi Waseso, tema Hari Pramuka tahun ini adalah wujud kepedulian terhadap pandemi COVID-19 yang masih terjadi, khususnya di Tanah Air. Budi mengatakan, bencana COVID-19 menjadi masalah besar bangsa Indonesia dan seluruh dunia. Karena itu, Pramuka siap untuk ikut membantu pemerintah daerah dalam mengendalikan wabah, serta membantu warga yang terdampak.

Anggota Pramuka mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega, dan anggota dewasa, juga telah menerapkan protokol kesehatan, guna mencegah penularan COVID-19. Banyak Kwartir dan Gugus Depan melakukan kegiatan dan pelatihan secara daring. Hal ini dilakukan untuk terus meningkatkan keterampilan hidup Pramuka, sekaligus menjalin silaturahmi dengan Pramuka di dalam maupun di luar negeri.

Menyambut hari jadi Pramuka ke-59, Presiden Joko Widodo mengajak anggota Pramuka membuat dua gerakan nasional, yaitu gerakan kedisiplinan dan kepedulian pada masa pandemi COVID-19.

“Saya minta kepada saudara-saudara untuk membuat dua gerakan nasional. Pertama, gerakan kedisiplinan nasional yang mengajak semua anggota masyarakat disiplin mengikuti protokol kesehatan. Kedua, gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli dan saling berbagi,” pesan Presiden.

Menurut Jokowi, kedua gerakan tersebut akan makin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan, serta memperdalam jiwa Pramuka sejati.

Sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional Pramuka, Jokowi mengatakan bahwa kedisiplinan dapat terwujud dengan mengikuti protokol kesehatan, disiplin memakai masker, disiplin menjaga jarak, dan disiplin mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama melaksanakannya.

Dengan sikap peduli terhadap masyarakat sekitar, saling membantu, dan bergotong royong, Presiden yakin bahwa bangsa Indonesia dapat menyelesaikan masalah ini. Bila gerakan kedisiplinan dan kepedulian itu terus dijalankan, diharapkan Indonesia dapat menghambat penyebaran COVID-19 dengan lebih cepat.

Selamat hari jadi ke-59! Salam Pramuka!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: