Jl. Affandi, Gang Bromo #15A, Mrican, Yogyakarta 55281, Indonesia

+62274520341 [email protected]

TRANSPORTASI UMUM DARI YOGYAKARTA KE BANDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT (YIA)

Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) resmi beroperasi sejak bulan Maret 2020. Penerbangan yang semula berpusat di Banda Adisutjipto, kini beralih ke Bandara YIA. Bandara YIA terletak di Kabupaten Kulonprogo, kira-kira makan waktu satu jam dari area Kota Yogyakarta dan kabupaten sekitarnya. Berikut ini daftar transportasi umum yang memfasilitasi rute dari beberapa area pusat Kota Yogyakarta menuju Bandara YIA dan sebaliknya.

  1. Shuttle Bus DAMRI

                Shuttle bus DAMRI tersedia di beberapa lokasi, di antaranya yaitu di Mal Sleman City Hall, Terminal Condongcatur, Mal Grand Inna Malioboro, Ambarketawang, Bandara Adisutjipto, dan Stasiun Wojo. Jarak tempuh dari lokasi-lokasi tersebut menuju Bandara YIA yaitu sekitar satu sampai dua jam. Untuk reservasi dan informasi jadwal, Anda bisa menghubungi nomor (0274) 375839 atau Whatsapp 08112831540.      

  1. Shuttle Bus SatelQu

                Shuttle bus SatelQu melayani pengantaran ke Bandara YIA dengan titik jemput dari The Aamartya Jogjakarta Hotel, Eastparc Hotel Yogyakarta, Grand Keisha Yogyakarta Hotel, Grand Mercure Hotel, Swiss-Belboutique Yogyakarta Hotel, UC Hotel UGM, Yats Colony Hotel, Pesonna Hotel Tugu, Prime Plaza Hotel, dan The Cube Hotel. Nomor Whatsapp untuk konsultasi jadwal, rute, dan reservasi yaitu 087877555545.             

  1. Kereta

                Kereta api bandara YIA tersedia dari Stasiun Tugu menuju Stasiun Wojo. Jarak tempuh seitar 45–60 menit. Dari Stasiun Wojo, Anda perlu naik shuttle bus DAMRI menuju Bandara YIA selama 10 menit. Anda dapat memesan dan melihat jadwal melalui aplikasi KAI Access.

  1. Taksi Argo dan Taksi Online

                Taksi bandara yang dapat Anda gunakan yaitu taksi Rajawali, JAS, Pataga, dan Angkutan Premium Golden Bird. Adapun taksi online yang resmi melayani rute dari dan ke Bandara YIA yaitu GrabCar dan GrabTaxi yang dapat diakses melalui aplikasi Grab.

Dari keempat moda transportasi tersebut, Anda perlu mempertimbangkan jarak tempuh dari lokasi penjemputan dengan jadwal penerbangan Anda. Apa pun transportasi yang Anda pilih, semoga Anda nyaman dalam melakukan perjalanan dari dan ke Bandara YIA di Kabupaten Kulonprogo, ya. Safe flight!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: