Jl. Affandi, Gang Bromo #15A, Mrican, Yogyakarta 55281, Indonesia

+62 852 2717 9797 / +62 274 520341 [email protected]

Apakah Sahabat Pernah Mendengar Salah Satu Lagu Ciptaan Koes Plus?

Koes plus adalah grup musik yang sangat populer di Indonesia. Begitu melegendanya grup musik ini sehingga lagu-lagunya dibawakan oleh banyak penyanyi dan penggemarnya melingkupi lintas generasi. Lagu-lagunya yang khas dan mudah diikuti berbagai kalangan menjadi hits di Indonesia pada masanya.
Grup Musik legendaris Koes Plus pada awalnya memproklamirkan diri dengan nama Koes Bersaudara. Single andalan mereka saat itu seperti “Bis Sekolah”, “Di Dalam Bui”, “Telaga Sunyi” dan “Dara Manisku” berkibar memenuhi cakrawala musik Indonesia pada saat itu. Namun sayangnya menjelang tahun 1969, prahara internal melanda Koes Bersaudara. Tonny mengharapkan totalitas bermusik dalam Koes Bersaudara, sedangkan Nomo saat itu masih terbagi dengan pekerjaan lainnya. Karena ketidaksamaan visi akhirnya membuat Nomo keluar dan disusul dengan Yok.” Keluarnya Nomo dan Yok membuat anggota yang tersisa merekrut Murry (drummer) dan Totok AR (bass). Sejak saat itu mereka memakai Koes Plus yang berarti plus dua orang di luar keluarga besar Koeswoyo.
Walaupun mengalami beberapa kali pergantian formasi, namun grup musik ini tetap sukses berkarya. Koes Plus juga terkenal sebagai band yang amat produktif di blantika musik Indonesia. Mereka bahkan pernah mengeluarkan 22 album hanya dalam waktu setahun yakni 1974 disusul dengan 6 album di 1975 dan 10 album di 1976. Formasi personal Koes Plus yang paling terkenal adalah
• Koestono/Tonny Koeswoyo (vokal, kibor, gitar melodi)
• Koesyono/Yon Koeswoyo (vokal, gitar pengiring)
• Koesroyo/Yok Koeswoyo (vokal, gitar bas)
• Kasmuri/Murry (vokal, drum & perkusi)
Sejak awal berkarya, Koes Plus telah menghasilkan lebih dari 100 album yang meliputi berbagai macam genre musik mulai dari pop, dangdut hingga qasidah. Lagu-lagu mereka juga dinyanyikan oleh artis-artis papan atas Indonesia seperti Chrisye, Ruth Sahanaya, Noah hingga Sheila on 7.
Pada tahun 1990an, kepopuleran grup musik legendaris ini menurun. Seiring dengan munculnya banyak group-group musik baru, penggemar Koes Plus berkurang dan popularitasnya menurun drastis hingga akhirnya pada tahun 2018 Koes Plus menjadi tidak aktif sejak meninggalnya Yon pada tahun 2018. Walaupun Koes Plus tak lagi berkibar di blantika musik Indonesia, tetapi lagu-lagunya masih melekat di hati pendengarnya.
Dari sekian banyak lagu-lagu populer group ini, manakah lagu yang paling Sahabat Wisma Bahasa sukai?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: