Jl. Affandi, Gang Bromo #15A, Mrican, Yogyakarta 55281, Indonesia

+62 274 520341 info@wisma-bahasa.com

Malam Indonesia 2014: Harmoni dalam Keberagaman

Menyaksikan perayaan kemerdekaan RI yang diikuti oleh warga negara Indonesia adalah hal yang biasa. Tapi jika warga negara asing ikut berpartisipasi dalam perayaan ini, maka inilah yang terjadi.

Wisma Bahasa, lembaga kursus bahasa Indonesia untuk orang asing, akan mengadakan perayaan kemerdekaan RI yang ke-69 yang diberi nama Malam Indonesia. Malam Indonesia adalah salah satu acara kebudayaan yang diselenggarakan setiap tahun oleh Wisma Bahasa. Acara ini merupakan acara andalan Wisma Bahasa yang bertujuan untuk mengenalkan keberagaman budaya Indonesia kepada siswa-siswa asing yang sedang belajar di Wisma Bahasa.

Dalam menyelenggarakan acara ini Wisma Bahasa bekerja sama dengan para mahasiswa dan komunitas dari berbagai daerah di Indonesia. Tahun ini Wisma Bahasa bekerja sama dengan mahasiswa- mahasiswa dan komunitas dari Kalimantan, Sumatera, Bali, NTT, dan Papua. Pada acara tersebut mereka menampilkan anjungan-anjungan yang memamerkan berbagai pernak-pernik dari daerah mereka masing-masing. Selain menyiapkan anjungan, mereka juga mementaskan tarian-tarian dan nyanyian-nyanyian tradisional dari daerah mereka. Tak mau kalah, beberapa siswa asing bersama dengan beberapa guru dan staf Wisma Bahasa juga ikut mempertunjukkan satu tarian melayu. Gerakan siswa-siswa asing dalam menarikan tarian tersebut juga tak kalah luwes dengan gerakan penari-penari yang lain. Diharapkan dengan diselenggarakannya acara ini, para siswa asing tersebut dapat mengalami secara langsung keberagaman budaya yang ada di Indonesia.

Acara yang diadakan di gedung Wisma Bahasa yang berlokasi di Jl. Affandi Gang Bromo No 15A ini dihadiri oleh 65 siswa asing yang sedang belajar di Wisma Bahasa. Siswa-siswa asing ini berasal dari berbagai negara, antara lain Australia, Amerika, Inggris, Jerman, Jepang, dan Korea. Pada saat menghadiri acara Malam Indonesia tersebut, para siswa asing ini mengenakan busana tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya mengenakannya, mereka juga berlenggak-lenggok bak peragawan dan peragawati di atas catwalk untuk memperagakan busana-busana tersebut.

Acara Malam Indonesia yang berlangsung pada tanggal 6 September 2014 pada pukul 17.00 sampai 22.00 ini mengambil tema “Harmoni dalam Keberagaman”. Mengingat berbagai peristiwa dan konflik yang memprihatinkan yang terjadi akhir-akhir ini baik di Indonesia maupun di seluruh penjuru dunia, kami berharap tema dari acara ini dapat mengingatkan kita semua tentang pentingnya menciptakan kerukunan dan keselarasan dalam masyarakat yang majemuk.

Albun foto Malam Indonesia 2014 – Harmoni Dalam Keberagaman

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: