Jl. Affandi, Gang Bromo #15A, Mrican, Yogyakarta 55281, Indonesia

+62 274 520341 info@wisma-bahasa.com

Aneh dan Unik, Ini 7 Kebiasaan Ulang Tahun di Berbagai Negara

Beragam cara dilakukan untuk merayakan hari ulang tahun. Mulai membuat pesta, makan malam bersama, hingga membuat lelucon atau prank pada orang yang berulang tahun. Di Wisma Bahasa sendiri, perayaan ulang tahun biasanya diramaikan dengan pesta dan makan nasi tumpeng.

Namun, berbeda tempat, berbeda pula kebiasaannya. Tradisi untuk memeriahkan perayaan ulang tahun dilakukan dengan cara yang unik di beberapa negara. Penasaran seperti apa perayaan ulang tahun dari 7 negara ini? Berikut rangkumannya.

  • Makan Mie di Tiongkok

Kebiasaan makan mie saat berulang tahun, telah menjadi kebiasaan orang Tionghoa secara turun temurun. Hal ini didasari oleh kepercayaan bahwa filosofi makan mie identik dengan umur panjang. Jadi, mie akan disantap dengan cara diseruput sepanjang mungkin, lalu digigit pada bagian akhirnya. Kebiasaan ini melambangkan umur yang panjang hingga saat akhir dari hidup seseorang.

  • Makan Sup Rumput Laut di Korea Selatan

Alih-alih menyajikan kue ulang tahun, orang Korea menggunakan sup rumput laut sebagai hidangan utama perayaan ulang tahun. Sup ini kemudian akan disantap bersama seluruh anggota keluarga. Sambil menikmati sup ini, anggota keluarga akan mengucapkan “terima kasih sudah lahir di dunia ini” (dalam bahasa Korea Selatan tentunya). Wah, orang yang berulang tahun pasti akan merasa sangat terharu, nih.

  • Menghancurkan Kue di Amerika Serikat

Bukannya dinikmati bersama, kue ulang tahun di Amerika Serikat malah akan dihancurkan oleh orang yang berulang tahun. Tradisi ini disebut Smash-Cake. Meski kebanyakan tradisi ini dilakukan oleh anak-anak, tak sedikit juga orang dewasa yang menikmati lelucon ini. Selain dihancurkan, kue itu juga biasanya dioles-oleskan pada muka orang yang berulang tahun. Duh, sayang sekali, ya?

  • Menjewer Telinga di Italia

Tradisi perayaan ulang tahun di Italia ini unik sekali. Bagaimana tidak? Di sana ada kebiasaan untuk menjewer telinga orang yang sedang berulang tahun sejumlah umurnya. Jadi, orang yang berulang tahun ke-30, akan dijewer telinganya sebanyak 30 kali. Sakit, dong!

  • Menyapu Sampah di Jerman

Tradisi ini hanya berlaku untuk laki-laki yang belum punya pacar atau belum menikah, alias jomblo. Saat merayakan ulang tahun, orang tersebut diminta untuk menyapu sampah yang ada di halaman atau di tangga sebuah gedung. Kalau sudah bersih, teman – temannya akan kembali melemparkan sampah – sampah itu ke tempat semula. Aktivitas ini akan terus diulangi sampai ada perempuan yang merasa kasihan dan bersedia untuk mencium laki-laki ini.

  • Mengolesi Mentega di Kanada

Perayaan ulang tahun di Kanada cukup unik, lho. Orang yang merayakan ulang tahun, khususnya anak perempuan, hidungnya akan diolesi mentega. Kenapa mentega? Karena mentega itu licin, maka kebiasaan ini dipercaya bisa menghindarkan si anak dari nasib buruk. Dengan kata lain, agar si anak pandai berkelit dari situasi sulit.

  • Memukul Piñata di Mexico

Piñata sangatlah populer sebagai bagian dari perayaan ulang tahun anak-anak di Mexico. Hiasan berbentuk binatang yang terbuat dari kertas ini, biasanya diisi dengan banyak permen atau hadiah. Benda ini akan digantung di pohon atau atap rumah. Lalu, anak yang berulang tahun akan ditutup matanya dan berusaha memukul keras-keras piñata tersebut sampai pecah. Anak-anak dan teman-temannya kemudian akan memperebutkan isi di dalamnya. Seru sekali, ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: